25 June 2020

ANIMASI 2 DIMENSI SEDERHANA ADOBE ANIMATE ATAU FLASH

Assalamu’alaikum frens, kali ini pak mamat akan sharing beberapa animasi 2 dimensi karya dari siswa siswi kelas XI multimedia di sekolah tempat pak mamat mengajar. Animasi sederhana ini dibuat selama mereka mengikuti mapel yang pak mamat ampu, yaitu Teknik Animasi 2D dan 3D… wuiidiihhh keren ya. Berarti pak mamat jago animasi dong? Jawabannya enggak.. jauh dari kata jago. Lha kok bisa ngajar mapel itu kalo nggak jago.. ya karena memang ditugasi oleh kepala sekolah, jadi mau gak mau dan bisa gak bisa harus bisa.. eittss tenang frens.. semua bisa dipelajari dan banyak sumber belajar tersedia di era digital sekarang ini. So jangan pernah berhenti untuk belajar ya frens..
Seninya jadi guru sekarang ini adalah bagaimana cara menggali potensi yang dimiliki anak didik kita yang sangat beragam dengan memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Yang paling sulit menurut pak mamat adalah bagaimana menumbuhkan mood anak didik untuk berbuat sesuatu, mempelajari sesuatu, mencoba sesuatu, menalar sesuatu, dan menghasilkan sesuatu.. stop..stop.. kok malah jadi curcol ini. Terus animasinya mana?
Ok ok.. sabar frens.. animasi yang kita bahas kali ini dibuat menggunakan software adobe animate atau penerusnya adobe flash. Perlu dicatat bahwa dalam membuat animasi ini pak mamat membolehkan anak didik untuk menjiplak gambar dari internet dan menggunakan audio dari hasil donlot.. artinya karya ini tidak sepenuhnya original ya. Mengapa demikian? Alasan utama pak mamat untuk tugas ini adalah mengukur kemampuan anak didik dalam mengoperasikan Adobe Animate untuk membuat sebuah produk animasi 2D. Membuat produk animasi 2D yang full original sangatlah kompleks dan rumit serta membutuhkan waktu yang lama, sebagai contoh untuk membuat suatu karakter atau tokoh animasi yang menarik dibutuhkan kemampuan menggambar yang baik. Hal ini belum tentu dimiliki oleh semua anak didik.. jika dipaksakan untuk full original akan sangat memakan waktu dan tidak mungkin selesai dalam 1 semester sedangkan yang sedang diukur adalah pengoperasian software animasinya bukan persiapan bahan-bahannya. Yang penting anak didik memahami konsep dalam pembuatan produk animasi 2D dan mengetahui mana karya yang original dan mana yang tidak.. kira kira begitulah alasan pak mamat, mohon dimaklumi ya frens.
Kompilasi hasil animasi bisa dilihat pada video dan tautan berikut ini:




File-file animate document atau fla untuk dibuka, dilihat, dan dipelajari bisa diambil melalui tautan berikut ini:


File-file tersebut hasil kreatif siswa siswi pak mamat di kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Godean, antara lain :

ALDIAN NUR AFRIATNO PUTRA [01]
ANISA AYU IRVANIYA [02]
IQBAL RAFLI DARMAWAN [14]
'IZZA NAFI'ATUZZAHRA [15]
PRASETYO PAMUNGKAS [19]
SATRIAWAN DIKA SAMUDRA [24]
ADNAN SYAFI'I SUDRAJAD [02]
DWI SARWANTO [08]
FANIA SYALSABILLA [10]
MILLA NISTY LARASATI [16]
MUHAMMAD BASSAM AZIZI [18]
RAHMA EKA NANDA [23]

Demikian sharing kali ini ya frens.. semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan, selamat belajar animasi.

No comments:

Post a Comment