28 June 2020

Mengatasi masalah Honda PCX gredek

Sebuah pengalaman bagi pak mamat memiliki sepeda motor yang kata bakulnya ber genre maxi scooter, yaitu honda New PCX atau dikenal netijen dengan sebutan PCX lokal. Awal mulanya begini frens, motor pak mamat yang lama.. si perza udah 6 tahun mengabdi ndak bisa kehitung berapa besar jasanya bagi pak mamat sekeluarga. Fungsi motor itu bagi kami memang sebagai alat transportasi kerja dan mengantar jemput anak-anak sekolah.. mulai dari mereka TK sampai sekarang SMP. Mengingat anak-anak juga bertambah besar, si perza udah tidak mencukupi lagi buat bonceng bertiga plus tas anak SD yang segede gaban ya frens.. Akhirnya dijual deh si perza itu frens.. sedih juga karena dipelihara dari baru, udah nemenin kemana-mana ndak pernah rewel.. tapi harus move on.. ndak boleh ambyar frens.

Pilih-pilih motor dengan kriteria nyaman buat bonceng tiga untuk antar jemput sekolah, bagasi luas, matic karena dah capek main kopling manual hehehe.. ada 2 opsi sebenarnya waktu itu yaitu yamaha NMAX atau honda PCX lokal. Baca review tiap hari komparasi keduanya di internet, kelebihan dan kekurangannya.. nah mulai ada perpecahan pendapat nih frens, pak mamat pilih NMAX karena lebih kenceng dan minim masalah kalo melihat review di internet, tapi istri pilih PCX karena bentuknya cakep dan fitur kekinian.. gitu doang alasannya, dikasih tau kalo ini motor banyak yang komplain menurut berita di internet dari shock belakang yang bengkok sampai CVT nya gredek gredek tidak jadi alasan buat istri untuk tetep milih motor ini. Tau nggak frens.. kenapa akhirnya pak mamat ngikuti kemauan istri?? Ya karena yang bayarin istri.. jadi pak mamat ngikut aja hahahahaha..
22 Mei 2019 unit motor PCX sampai di rumah.. seneng dong.. tapi gak sempet bikin video unboxing. Setelah servis gratis kedua baru muncul masalah.. saat angkatan awal ada suara gredek gredek di area CVT dan rasanya gak nyaman banget yakin. Setiap mau jalan atau habis nurunin gas terus mau gas lagi pasti kasar dan bunyi gredek gredek. Servis di kilometer 7.403 bersihin CVT yang kata mekanik AHASS debunya banyak, plus nambah air coolant radiator.. lumayan sembuh gredeknya tapi nggak sampai 1000 km muncul lagi..duhh. Akhirnya berbekal info dari internet bahwa masalah ini disebabkan oleh kampas kopling, maka pak mamat servis di sekitar kilometer 10.000 ganti kampas kopling punya NMAX ori harganya 225 ribu beli nitip ke saudara yang punya bengkel karena takut dapat palsu dan ternyata di AHASS tidak mau membelikan kalo beda merk hehehehe..kalo kita beli sendiri AHASS mau masangin tapi ngecas 40 ribu.. ndakpapa lah..masang sendiri pak mamat juga nggak bisa to frens. 
Sama mekanik honda yang megang motor pak mamat disarankan mangkok koplingnya diganti sekalian untuk hasil yang lebih maksimal, kalo mau di klaimkan garansi tapi butuh waktu beberapa lama, pak mamat maunya hari itu juga beres karena motor tiap hari dipake kerja. Akhirnya mangkok kopling diganti sekalian gak jadi klaim garansi tapi beli frens..haduhh. Kali ini AHASS bisa menyediakan karena mangkok kopling ori AHM diharga 135 ribu.. ya sudah lah yang penting motor jadi beres.. enak dipakai. Hasil akhir selesai keluar bengkel langsung geber cari top speed dapet 105 kpj masih bisa lebih harusnya tapi kondisi lalin tidak mendukung, gredek hilang joss. Sampai tulisan ini tayang kondisi di kilometer sekitar 12.000 masih aman, sehat, tidak gredek, angkatan masih responsif.. semoga awet ya frens. Demikian sharing pengalaman pak mamat mengatasi masalah gredek di honda PCX yang dipakai sehari-hari.. parts yang diganti adalah kampas kopling asli diganti kampas kopling NMAX, mangkok kopling bawaan diganti mangkok kopling AHM ori, dan nambah 1 lagi yaitu per kopling diganti punya beat karbu harganya murah kalo ini ndak sampai 20 ribu. Berikut beberapa penampakan parts yang diganti:

Kode Parts kampas kopling NMAX


Per kopling asli bawaan diganti punya beat karbu


kampas kopling asli bawaan dilepas diganti punya NMAX




mangkok kopling asli bawaan dilepas diganti




No comments:

Post a Comment