24 June 2020

BAYAR PAJAK KENDARAAN ONLINE DENGAN APLIKASI SAMSAT ONLINE NASIONAL

Ulang tahun seharusnya menjadikan momen yang paling ditunggu tunggu ya frens. Anak-anak biasanya meminta pada orang tuanya biar dirayain dengan meriah pesta ulang tahunnya, tapi ada momen ulang tahun yang pastinya sering dilupakan orang atau bahkan tidak ditunggu tunggu. Ulang tahun siapa itu frens? Iya bener.. kendaraan kita itu juga merayakan ulang tahun lho tiap tahunnya, lebih spesial lagi pas ulang tahun adalah batas akhir kita harus membayar pajaknya ke pemerintah..hayo sebagai warga negara yang baik kita harus bayar pajak kendaraan dengan tertib ya frens.
Di masa pandemi covid19 ini kerumunan orang menjadi hal yang harus dihindari untuk menjaga agar kita tidak tertular atau menularkan ke orang lain. Bayar pajak kendaraan di samsat yang antriannya puuuannjang sangat rentan kontak dengan orang lain, nah salah satu solusi yang bisa kita lakukan adalah membayar pajak kendaraan secara online.
Kali ini pak mamat berbagi pengalaman membayar pajak kendaraan secara online menggunakan aplikasi Samsat Online Nasional.. pertama fren fren harus punya aplikasinya dulu, bisa donlot di playstore cari aja dengan kata kunci samsat nasional.. logonya yang seperti ini



Setelah aplikasinya diinstall, klik Mulai dan selanjutnya muncul menu seperti gambar ini



Langkah selanjutnya klik Pendaftaran, frens semua akan dimintai persetujuan bahwa nantinya Tanda Bukti Pembayaran Pajak Kendaraan akan dikirimkan ke alamat yang tertera di STNK, jadi bagi frens yang kendaraannya tidak atas nama sendiri atau alamat sudah pindah akan sedikit kesulitan. 


Karena pak mamat kendaraan atas nama sendiri maka proses berlanjut ke halaman berikutnya seperti ini


Nah tinggal diisi semua datanya dengan benar terus klik lanjut, nanti akan muncul detail kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya dan identitas wajib pajaknya serta tentu saja besaran pajaknya to ya. Proses selanjutnya adalah memperoleh kode billing atau kode bayar, perlu diketahui bahwa kode bayar ini hanya berlaku selama 2 jam. Jika sudah dapat kode billingnya segera bayar deh.. mau ke indomaret apa ke sahabatnya si alfamart, mau e-banking, atm monggo.. cari yang nggak antri dan tetep bisa sosial distansing.
Pak mamat bayar ke atm... satu satunya yang ada di dompet ya atm BPD hehehe.. syaratnya cuma harus ada saldo melebihi pajak yang mau dibayarkan. Kalo di ATM BPD DIY dari menu utama pilih pembayaran, layanan publik, pajak, samsat.. terus diminta kode billingnya.. ketik jangan sampai salah, lalu muncul identitas wajib pajak dan kendaraan serta besaran pajak.. bayar dan selesai deh frens.
O iya.. setelah dibayar nanti di aplikasi samsat online nasional kita lihat di menu info proses akan ada notifikasi bahwa pajak sudah dibayar. Kita akan memperoleh E-TBPKP dan E-Pengesahan STNK yang berlaku selama sebulan (masa darurat covid jadi 3 bulan). Penampakannya seperti ini



TBPKP dan Pengesahan STNK cetak akan dikirim ke alamat yang tertera di STNK dan ini kabarnya lama bisa sebulan lebih. Sampai tulisan ini dibuat punya pak mamat juga belum sampai sampai nih.. still waiting.. tapi kata pak polisi tetangga sebelah.. nyetak tanda bukti ke samsat juga bisa setelah bayar..tapi males ahh kalo harus mendatangi tempat rame..ditunggu aja sesampainya ya frens.
Demikian pengalaman pak mamat bayar pajak kendaraan online.. semoga bermanfaat. Tetap dirumah aja, jaga jarak, pake masker, rajin cuci tangan pake sabun.. semoga covid cepat berlalu. 







No comments:

Post a Comment